YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW
RajaBackLink.com

Audit Laporan Keuangan AUM, bukti evaluasi lembaga naungan PCM Metro Barat

 


Ganjar Asri, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Metro Barat Audit Keuangan Amal Usaha Muhammadiyah dilingkungan kecabangannya. Audit akan dilaksanakan 3 hari secara bertahap dari SMP Muhammadiyah 1 Metro, SMA Muhammadiyah 1 Metro, dan SMK Muhammadiyah 2 Metro. (27/02)

TIM yang melaksanakan audit atara lain :
1. Drs.H Suwahab
2. Karmana,S.E
3. H.Kasimun,S.Ag,.M.M
4. H.Tukijo,S.Ag,.M.Sy
5. Drs.H. Deni Akhwandi

Setelah itu akan dilaksanakan Audit untuk Panti Asuhan Budi Utomo Muhammadiyah Metro dengan majelis yang berbeda. Audit laporan keuangan memiliki tujuan, yaitu untuk mendapatkan keyakinan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh organisasi, dan lembaga disusun melalui prinsip dan standar akuntansi yang berlaku. Laporan keuangan juga harus menyajikan kondisi keuangan perusahaan sebenarnya pada tanggal pelaporan dan kinerja manajemen pada periode tersebut. Adapun fungsi audit adalah sebagai berikut:

1. Memastikan Kelengkapan Laporan Keuangan
Fungsi audit berguna dalam memastikan kelengkapan laporan keuangan yang terjadi, dari berbagai transaksi dan telah dicatat atau dimasukkan ke dalam jurnal dengan segala kelengkapannya.

2. Untuk Memastikan Ketepatan
Kegiatan audit bertujuan untuk memastikan adanya ketepatan dalam semua transaksi dan saldo perkiraan akun yang ada. Biasanya didapat dari setelah perhitungan yang benar, jumlahnya tepat, didokumentasikan dengan baik, dan diklasifikasikan berdasarkan jenis transaksi.

3. Meyakinkan Eksistensi
Adanya auditor dalam meyakinkan pencatatan semua harta dan kewajiban memiliki eksistensi tersendiri, pada setiap jenis transaksi yang sesuai dengan tanggal tertentu. Oleh karena itu, semua transaksi yang dicatat harus sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

4. Menyajikan Penilaian
Auditor dapat menyajikan penilaian sebagai fungsi untuk memastikan bahwa semua prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia telah diaplikasikan dengan benar.

5. Menyajikan Klasifikasi
Kegiatan ini bermaksud untuk menyajikan semua transaksi yang dicatat dalam jurnal, sesuai yang sudah diklasifikasikan berdasarkan jenis transaksinya.

6. Melakukan Pemisahan Batas
Fungsi audit berguna melakukan pemisahaan batas atas semua transaksi yang dekat tanggal neraca, dan dicatat dalam periode yang sesuai. Seringkali catatan pada akhir periode mengalami kemungkinan salah penyajian.

7. Menyajikan Pengungkapan
Kegiatan audit berguna menyajikan pengukapan laporan keuangan yang memastikan saldo akun dan persyaratan. Sehingga pada tahap pelaporan keuangan sudah disajikan dengan baik, serta terdapat penjelasan yang wajar pada isi dan catatan kaki laporan yang dibuat.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

RajaBackLink.com